Jumat, 04 Oktober 2013

Tugas Khothbah

I.   Sumber :
Channel TV  : Global TV
Waktu            : 18.00-selesai
Nama Acara : Kultum
Narasumber  : Ustad Zacky Mirza
Tema              : Fasilitas akhirat bagi orang yang berpuasa

II.   Pokok-pokok khotbah :
 a.  Fasilitas akhirat yang dijanjikan Allah kepada hamba-Nya yang berpuasa
 b.  Fasilitas pertama ampunan di sisi Allah SWT
 c.   Fasilitas kedua bau mulut yang wangi
 d.  Fasilitas ketiga mendapatkan syafaat atau pembelaan dari amal ibadah puasa
 e.  Fasilitas keempat pintu surga Arroyan
 f.   Fasilitas kelima berjumpa dengan Allah SWT

III.   Pengembangan :
          Assalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh,

          Yang terhormat Ibu Istikhomah selaku guru pembimbing Bahasa Indonesia,
          serta teman-teman XI IPA 5 yang saya sayangi.
          Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas hadirnya Bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah ini. Bulan yang diliputi dengan kemuliaan dan janji-janji pengampunan. Semoga kita benar-benar mampu mengisinya dengan amal kebaikan yang istikhomah. Allahuma Amin. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Agung kita Nabi Muhammad SAW yang senantiasa menjadikan Ramdhan bulan penuh amalan siang dan malam.
          Terima kasih kepada Ibu Isti dan teman-teman yang telah meluangkan waktunya hadir pada kesempatan kali ini. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan kembali kultum yang saya dengarkan di stasiun televisi Global TV pada hari Kamis, 26 Juli 2012 tepatnya pukul 18.00 WIB. Kultum tersebut disampaikan oleh Ustad Zacky Mirza dengan tema fasilitas akhirat yang dijanjikan Allah kepada hamba-Nya yang berpuasa.
          Bu Isti dan teman-teman yang dirahmati Allah,
          Untuk menjaga kualitas dan kontinuitas amal ibadah puasa Ramadhan kita, marilah sejenak mengingat kembali janji-janji Allah yang telah diberikan kepada kita. Khususnya janji yang berkaitan dengan ibadah puasa yang sedang kita jalani ini. Tahukah kalian fasilitas akhiran apakah yang dijanjikan Allah kepada hamba-Nya yang berpuasa? Fasilitas akhirat yang dijanjikan Allah kepada hamba-Nya yang berpuasa ada lima. Untuk lebih jelasnya saya akan menguraikannya satu per satu.
          Fasilitas yang pertama ialah ampunan di sisi Allah SWT. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah dalam sebuah hadist yang singkat, tetapi memiliki nilai motivasi yang tinggi.
Barang siapa berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan penuh dengan pengharapan, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu
          Lalu, fasilitas kedua yang diberikan oleh Allah ialah bau mulut yang wangi. Rasulullah SAW bersabda : “Sungguh bau mulut orang yang berpuasa jauh lebih wangi di sisi Allah dari pada wanginya minyak kasturi”. Subhanallah. Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya mengapa hal semacam ini menjadi kekhususan tersendiri di sisi Allah SWT. Mengapa persolan bau mulut saja sampai diungkit dalam janji Allah kepada hamba-Nya yang berpuasa? Logika sederhananya, jika persoalan bau mulut saja sudah begitu diperhatikan dan dihargai, maka bagaimana dengan persoalan kecil lainnya? Seperti perjuangan menahan lapar dan hawa napsu. Tentunya hal ini akan mendapatkan balasan dan akan berujung baik di akhirat nanti. Allahuma Amin.
          Bu Isti dan teman-teman yang saya sayangi,
          Dilanjutkan dengan fasilitas yang ketiga yaitu mendapatkan syafaat atau pembelaan dari amal ibadah puasa. Dijelaskan dalam sebuah hadist yang berbunyi : “Puasa dan Al-Quran akan menjadi syafaat bagi seseorang yang berpuasa di akhirat kelak”. Isi dari hadist tersebut ialah puasa dan Al-Quran akan berubah menjadi syafaat atau pembela-pembela kita di akhirat kelak. Memperjuangkan kita dengan memberikan syafaat agar kita terhindar dari fitnah dan siksaan di akhirat.
          Lalu, fasilitas keempat yang dijanjikan Allah adalah pintu surga Arroyan. Rasulullah SAW memberitahukan kepada kita melalui sebuah hadist keistimewaan lain dari seseorang yang berpuasa. “Sesungguhnya di surga terdapat sebuah pintu yang bernama Arroyan. Di hari kiamat, orang-orang yang berpuasa akan masuk surga dan akan melewati pintu tersebut. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut akan segera ditutup dan tak ada seorang pun yang bisa masuk kecuali mereka yang berpuasa”.
Dari hadist di atas dapat disimpulkan bahwa orang yang berpuasa memiliki keistimewaan tersendiri di sisi Allah SWT. Terutama bagi mereka yang gemar berpuasa dan sukses dalam menjalankan puasa Ramadhannya.
          Fasilitas yang terakhir ialah dapat berjumpa dengan Allah SWT. Sungguh sebenarnya ini adalah puncak kebahagiaan dari janji Allah kepada hamba-Nya, yaitu mendapatkan kemulliaan tersendiri berjumpa dengan Allah azza wa jalla. Amal ibadah puasa kita ternyata bisa menjadi tiket tersendiri untuk mendapatkan impian setiap mukmin sejati.
            Bu Isti dan teman-teman yang  saya hormati,
            Oleh karena itu, marilah kita bersama lanjutkan program Ramadhan dan ibadah puasa kita dengan terus menjaga semangat dan kekhusyukan. Jangan ada lagi semangat yang mengendur di tengah Ramadhan, apalagi lalai dalam mengisi Ramadhan dengan amal kebaikan. Mari kita tuntaskan Ramadhan dengan penuh kesungguhan dan harapan akan janji-janji Allah sebagaimana telah disebutkan. Semoga Allah SWT memudahkan.      
            Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin saya mohon maaf setulus-tulusnya. Terima kasih atas perhatian Bu Isti dan teman-teman.

            Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

IV.   Ringkasan :
Fasilitas akhirat yang dijanjikan Allah kepada hamba-Nya yang berpuasa ada lima, yaitu fasilitas yang pertama adalah mendapatkan ampunan di sisi Allah SWT. Lalu fasilitas yang kedua adalah bau mulut yang wangi, fasilitas yang ketiga ialah mendapatkan syafaat dari amal ibadah puasa. Selanjutnya fasilitas yang keempat adalah pintu Surga Arroyan dan fasilitas yang terakhir adalah dapat bertemu dengan Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar